Pentingkah Penampilan saat Wawancara Kerja?


Habis-habisan tampil saat wawancara kerja belum tentu Anda direkrut. Bisa jadi karena terlalu cantik Anda batal bergabung dengan perusahaan idaman.

maskulin jobPenelitian dari University of Colorado Denver Business School menemukan bahwa seberapa penting penampilan untuk diterima bekerja sangat bergantung pada tipe pekerjaan yang dilamar.

Jika seorang wanita melamar jenis pekerjaan maskulin, sebaiknya ikuti kode tidak tertulis tersebut dengan berpenampilan maskulin pula.

Percuma saja Anda memakai rok, atau rambut tergerai indah, karena Anda malah terkesan “terlalu manis”.

Misalnya jika wanita melamar sebagai jurnalis, tenaga IT, peneliti lapangan, lebih baik menampilkan sisi maskulin dengan pilihan busana berkisar pada celana, kemeja, dan jas berpotongan unisex.

Sebaliknya tampilkan kecantikan Anda habis-habisan saat melamar sebagai sekretaris, front liner, sales, pramugari, bidang pekerjaan yang membutuhkan hawa femininitas.

Sebaliknya seorang pria tampan tidak terpengaruh apakah pekerjaan yang diincar mencari tampang atau tidak.

Riset ini meneliti partisipan untuk menilai 110 foto – dengan proporsi berimbang antara perempuan dan lelaki- untuk memberi peringkat berdasarkan kecocokan foto dengan jenis pekerjaan.

Hasilnya wanita atraktif kehilangan kesempatan untuk mendapat pekerjaan keras macam  operator mesin berat, supir, sipir penjara, dan sales alat berat.

Sementara penelitian yang dimuat dalam Jounal of Social Psychology ini juga menemukan bahwa bagaimanapun wanita cantik tetap menikmati keunggulan yang signifikan.

Mereka mendapat gaji lebih tinggi, evalusi kerja lebih baik, lebih berpeluang masuk perguruan tinggi favorit, lebih berpeluang dalam jabatan publik, dan mendapat vonis lebih ringan dalam persidangan.Jadi seberapa perlu Anda khawatir pada penampilan untuk pekerjaan idaman? Sepanjang Anda tidak tahu perusahaan yang dilamar membutuhkan sisi feminin atau maskulinitas Anda. (Teks dan Foto : Daily Mail – Ist)



Masukkan Code ini K1-15C94B-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: