Salah Satu Penyebab Gangguan Jantung Yaitu Komsumsi Kalsium Berlebihan


Asupan kalsium memang dibutuhkan untuk kekuatan tulang. Tapi penelitian terbaru menemukan, konsumsi suplemen kalsium pada wanita paruh baya meningkatkan resiko terkena gangguan jantung hingga 30 persen.

Penelitian dari Universties of Aberdeen and Auckland di New Zealand mengaji 11 percobaan yang menemukan kadar ekstra kalsium lebih banyak efek negatif daripada positifnya.

Studi ini membandingkan orang yang mengonsumsi suplemen sebanyak 500 mg atau lebih setiap hari, dengan orang yang tidak mengonsumsi.

Terungkap 12,000 orang yang mengonsumsi suplemen kalsium berpotensi besar terkena serangan jantung. Sebanyak 1,000 orang yang rutin mengonsumsi kalsium selama lima tahun menambah kemungkinan 14 orang terkena serangan jantung, 10 stroke, dan 13 kematian.

Sedangkan orang yang tidak mengonsumsi suplemen kalsium atau yang melakukan diet kalsium tinggi tidak terkena resiko gangguan jantung.Peneliti menyatakan bahwa peningkatan kadar kalsium dalam jaringan darah mempengaruhi sistem kardiovaskular. Kadar darah tinggi memicu pengerasan pada arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Kunci untuk menghindari resiko jantung ini adalah dengan mengonsumsi kalsium dari sumber alami, seperti susu, keju, dan sayuran hijau. The Food Standarts Agency merekomendasikan konsumsi 700 mg kalsium per hari yang berasal dari sumber alami.

Tapi tidak perlu buru-buru berhenti mengonsumsi suplemen kalsium. Jika secara medis Anda memang membutuhkan asupan suplemen kalsium, maka tubuh Anda masih membutuhkan kalsium ekstra. Lagipula penelitian ini didominasi oleh wanita berusia 50 tahun keatas, jadi untuk usia muda, resiko ini tidak berpengaruh besar.

Dapatkan manfaat maksimal kalsium dengan mengonsumsinya secara tepat. (Daily Mail/Foto Ist)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: