70% dari impor elektronik masuk dari bandara


JAKARTA (Bisnis.com): Lebih dari 70% nilai impor produk elektronika sepanjang Januari-Juni disumbang oleh produk elektronika yang masuk ke Tanah Air melalui bandar udaraSoekarno Hatta.

Diperkirakan produk elektronika yang masuk melalui pelabuhan tersebut adalah produk-produk yang secara fisiknya kecil namun nilainya cukup besar. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, dalam kurun 6 bulan, nilai impor produk elektronika tercatat sebesar US$1,9 juta.
Dari total nilai impor itu, sedikitnya US$1,4 juta merupakan produk elektronika yang masuk melalui Pelabuhan Soekarno Hatta.
Adapun nilai impor yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok tercatat sebesar US$451 juta atau sekitar 23%, disusul Tanjung Mas sebesar 1,88%, Tanjung Perak 1,14%, dan Belawan 0,36%.
Ketua Gabungan Elektronik Indonesia (Gabel) Ali Soebroto Oentaryo menduga barang-barang yang masuk melalui Pelabuhan Soekarno Hatta adalah barang-barang elektronik yang secara fisik kecil, tetapi dari segi nilai cukup besar, sehingga memengaruhi nilai impor produk elektronika yang melewati pelabuhan itu.
Dia memerkirakan kontribusi nilai impor tertinggi adalah ponsel atau handphone yang secara fisik cukup mudah untuk masuk ke Tanah Air melalui pelabuhan udara.
“Tidak mungkin barang-barang yang besar. Itu pasti handphone, tidak mungkin produk yang lain. Barangkali handphone yang masuk itu jenis yang mahal, sehingga nilainya tinggi,” katanya kepada Bisnis.com kemarin.
Lebih lanjut dia mengatakan saat ini konsumsi sejumlah handphone merek terkenal cukup tinggi, sehingga mendorong impor produk itu.
Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Perdagangan, secara keseluruhan nilai impor tertinggi baik yang melewati lima pelabuhan laut tertentu atau pun pelabuhan udara, dikontribusi oleh produk telepon untuk jaringan seluler atau untuk jaringan tanpa kabel (Nomor HS 8517120000).
Total impor produk itu tercatat mencapai US$1,2 juta atau sekitar 64,89% dari total nilai impor produk elektronika. (wiw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: