Honda PCX banderol Rp. 32 jeti,… strategy ganda raih mindset konsumen


Well,… tabir banderol skutik Honda PCX 125 terungkap sudah… dan prediksi akan dibanderol Rp. 30an juta… terbukti benar …!!! Akankah product ini overprice… ??? Tergantung sudut pandangnya saza… jika di Amrik dibanderol sekitar USD 3.399 … tentu harga yang dibanderol di Indonesia relatif hampir sama …!!! Namun jika melihat price di Thailand… mungkin banderol di Indonesia lebih mahal… so tergantung degh melihat purchasing power parity nya … !!! Harga just only numberz… namun yang paling penting adalah … strategy apa yang bakalan diraih oleh pabrikan Honda… ??? Mari kita simak …!!!😀

Dari sisi segmentasi… jelas lawan pabrikan Honda kali ini… bukan pabrikan Yamaha …!!! Lha wong pabrikan Yamaha … kelas wahid yang dikeluarkan adalah Yamaha Xeon kok… yang dibanderol Rp. 15.5 jeti …!!! So disini,… pabrikan Honda sudah merambah melawan ATPM Aprilia, Piaggio… khususnya segment 125cc… !!! Jelas pabrikan Honda mau melawan Aprilia Sportcity one 125… yang dibanderol sekitar Rp. 30 jeti… ataupun Piaggio Fly 125 …!!! Disini yang mau ditekankan adalah… pabrikan Honda laagh satu-satunya yang berani ‘menantang’ skutik Italy …!!! Yaagh tentu saza dengan fitur-fitur adalannya seperti Idling Stop System, Combi brake system, injection, side stand switch… dan segudang fitur lainnya …!!! Dan target segmentasinya jelas… untuk mengalahkan skutik Piaggio Group yang telah lama bermain di Indonesia …!!!

Target strategy lain adalah… untuk ‘mendepak’ Yamaha dari mindset skutik konsumen Indonesia …!!! Kita semua tahu… berapa laaagh target yang akan diraih oleh pabrikan Honda dengan mengeluarkan Honda PCX …!!! Bahkan target sekitar 100 unit saza sudah cukup kok untuk sebulan… !!! Lha wong tujuan utama bukan untuk mengejar numberz… lha wong tujuan utamanya adalah meraih kemenangan di mindset konsumen …!!! So pasar koretan diambil,… yaaa biaaar yang penting mindset pada konsumen bisa diraih …!!!

Jika sudah memenangkan mindset konsumen… dengan berbagai fitur dan design yang lebih fresh… dari berbagai product skutik Honda… ‘pasukan’ inti Honda yaitu Honda Beat, Vario Series dan Scoopy… bisa leluasa menggempur segment skutik… yang saat ini lagi dipegang oleh Yamaha …!!! So… ini seperti langkah promo berjalan… mirip strategy ‘dragging business’… dimana kesuksesan satu product… bisa membawa product yang segment entry level… ikut sukses di pasar …!!!

Last,… lesson learned yang bisa dipetik adalah… strategy ganda yang coba diraih dengan Honda PCX 125 adalah menguasai market segment premium dengan melawan product Piaggio group… dan memenangkan mindset konsumen skutik Indonesia… sehingga product skutik entry level lebih dipilih oleh konsumen… yang ujung-ujungnya mengalahkan pabrikan Yamaha yang sudah lebih dulu menguasai segment skutik ini …!!! Akankah berhasil strategy ini… yaaagh time will tell laaaagh… Juragan ROndO mau goleeek ‘oxigen’ seeeek… !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: