Blackberry & Google Terancam Diblokir India


NEW DELHI  – Pemerintah India mengajukan permintaan kepada sejumlah perusahaan asing seperti Google, Skype dan Research in Motion (RIM) agar pemerintah dapat ‘membaca’ setiap data untuk kepentingan intelijen. Bila perusahaan-perusahaan tersebut tak sanggup memenuhi permintaan pemerintah maka, India akan melarang setiap produk mereka masuk ke India.

Departemen Telekomunikasi India (DOT) memberikan tenggang waktu sekira 15 hari kepada RIM, Skype dan Google untuk mengambil keputusan. Latar belakng permintaan data seperti rekaman percakapan BBM itu dilakukan setelah instansi Keamanan India menyatakan tak mampu mengintip ke dalam layanan ditawarkan oleh RIM dan Operator telekomunikasi.

Sebelumnya pada Agustus 2008, pemerintah telah melarang layanan tertentu BlackBerry sampai mereka dapat ‘membaca’ sistem mereka. BlackBerry, bersama Google Gmail dan layanan Voice-over-IP Skype  wajib berada di bawah pantauan keamanan pemerintah. Departemen Dalam Negeri (MHA), Biro Intelijen, dalam rapat, memutuskan untuk mengamandemen undang-undang TI bagi perusahaan asing agar menyediakan data yang dapat dibaca dengan keamanan dan intelijen.

Juru Bicara Google mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima permintaan tersebut dari pemerintah. “Kami akan berkomentar setelah kami mendapatkan surat dari departemen telekomunikasi,” kata juru bicara Google, seperti dilansir Techtree, Senin (5/7/2010).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: